help someone to help yourself

beberapa minggu yang lalu saya sedang membaca sebuah novel grafis berjudul “serat tripama 1” yang lebih mirip dengan komik. tiba-tiba ada notifikasi wa terdengar dari hp saya dan ternyata teman saya yang minta bantuan untuk menyelesaikan tugas algoritmanya. tidak ada salahnya membantu orang lain, dia mengirimkan sebuah foto dengan 2 tertulis di selembar kertas.

yang pertama kita di suruh membuat sebuah program dengan output :

A

B C

D E F G

H I J K L M N O

program ini terlihat tidak terlalu sulit karna terlihat jalurnya dengan jelas, yang pertama cetak 1 huruf kemuan 2 , 4 , 8. terlihat kita hanya perlu menggganti looping cetakan dengan mengalikan 2 setiap selesai looping untuk cetak. seperti program di bawah ini.

penggalan program di atas akan menampilkan hasil seperti yang di inginkan.

variable A adalah array yang di gunakan untuk menyimpan data yang akan di panggil, variabel B untuk membatasi seberapa banyak perulangan yang akan di lakukan variable C untuk syarat kondisi perulangan untuk mencetak hasil variable D untuk batasan kondisi perulangan pencetakan yang akan berubah – ubah variable E untuk penghitung array dari variable A keberapa yang akan di cetak.

dan soal berikutnya diminta membuat program dengan output :

A

B C

D E F G

H I J K L M N

agak menarik karna pola yang di buat agak terlihat acak karna yang harus tercetak 1 , 2 ,4 , 7. cara sangat mudah untuk program ini adalah menggunakan program yang ada di atas dan tambahkan 1 kondisi seperti di bawah ini.

sangat mudah bukan. tapi bodohnya solusi ini saya dapat saat artikel ini di buat, dan saya membuat langkah yang lebih rumit saat itu untuk dia.

ya pada intinya tidak ada ruginya gita membantu seseorang dalam hal apa pun, bahkan hal algotirma kita akan belajar cara mencari jalan untuk menyelesaikan suatu masalah, walau banyak cari untuk menyelesaikannya.

oke sekian dulu….mungkin postingan berikutnya saya akan melanjutkan project kecil saya….sekian dulu buat artikel ini….

SALAM BUDI LUHUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *