Membuat dan Menggunakan Prefab pada unity

Pertama-tama yang harus di lakukan adalah membuat object dengan cara :

Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject > 3D Object > Plane lalu ubah Namanya menjadi lantai 1. Kalian harus mengatur posisi Main Camera dan plane menggunakan gizmo atau panel transform sehingga kamera dapat melihat lantai dengan jelas berada dibawah.

Tambahkan plane kedua, lalu ganti Namanya menjadi Lantai2 dan atur scalenya. Taruh posisi lantai2 sedikit keatas dan atur kemiringannya sehingga mirip seperti gambar berikut ini :

Klik Lantai2 pad tab Hierachy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject -> Create Empty Child. Lalu atur posisi GameObjectChild tadi menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga sedikit diatas Lantai2 seperti gambar berikut :

Jangan lupa mengganti nama Game Object Child tadi menjadi TitilJatuh. Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects > 3D Object > Sphere dan ganti namanya menjadi MyBall.

Kemudian, tambahkan sebuah gambar pada panel Assets dengan cara klik kanan pada panel Assets > Import New Assets, lalu pilih salah satu gambar yang ada di komputer kalian. Dari panel Assets, drag gambar tersebut menggunakan mouse lalu letakkan pada MyBall sehingga terlihat seperti di bawah ini.

tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component > Physics > Rigidbody. Rigidbody adalah sebuah komponen penting yang dapat membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Buatlah sebuah Physic Material dengan cara klik Assets > Create > Physics Material dan beri nama Bounce. Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.

Kita kembali ke GameObject MyBall, tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik MyBall.

Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag MyBall dari tab Hierarchy kepanel Assets.

Jika Prefab MyBall sudah dibuat, kalian dapat menghapus GameObject MyBall dari tab Hierarchy, karena yang akan kita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets. Prefab adalah sebuah instansiasi dari sebuah GameObject sehingga GameObject yang sudah pernah dibuat bisa digunakan kembali dengan cepat. Selain itu Prefab memungkinkan GameObject digandakan menggunakan script.

Buat script C# dan beri nama GandakanBola cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini :

Selanjutnya pasaang scripct tersebut di GameObject mana saja yang kalian sukai, lalu pastikan parameter TempatJatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh dan parameter Bola diisi dengan prefab MyBall.

Jalankan Games dan klik tombol “Buat Bola” atau tekan tombol “space” berkali-kali. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik. Jadi begitulah cara Unity membuat GameObject secara runtime sekaligus menjaga kestabilan penggunaan memori pada komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *